Troubleshoot Mengakses Jaringan Internet

Standard

1.   Wireless

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk mengetahui mengapa anda tidak bisa mengakses internet dengan menggunakan wireless adalah mengecek apakah driver di komputer atau laptop anda sudah di install atau belum, caranya:

  • Buka Start, laku klik kanan pada tulisan computer, pilih Properties.

ji8

  • Pada tampilan dibawah, klik Device Manager.

ji9

  • Cek pada Networt Adapters, apakah Atheros wireless telah terinstall atau belum, apabila terdapat tanda seru berwarna merah, berarti driver belum di install dan segerahlah menginstall driver wireless sesuai dengan jenis komputer atau laptop anda.

 ji10

Apabila driver telah terinstall dan anda masih belum bisa mengakses internet, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengecek Adapter setting, apakah wireless network connecting berstatus enable/disable, caranya:

  • Klik icon network pada Taskbar. Lalu klik open network and sharing center.

   ji20

  • Klik change adapter setting.

ji3

  • Apabila pada icon wireless network connection tidak berwarna, maka klik kanan dan pilih enable untuk mengaktifkan adapter wireless anda.

 ji4

  • Setelah anda berhasil enable network, tampilan akan berubah seperti dibawah ini.

ji5

Akses internet anda dalam kondisi limited or no connection? Coba restart beberapa local service dalam system komputer atau laptop anda, caranya:

  • Pada file control panel, pilih Service and Security.

ji11

  • Klik Administrative Tool.

 ji12

  • Buka file service, lalu cari DHKP Client, DNS Client, dan WLAN Autoconf

 ji13

  • Setelah menemukan nama file diatas, klik kanan pada masing-masing file dan pilih restart.

 ji14ji15ji16

Cobalah mencari tahu troubleshoot problem di komputer atau laptop anda dengan cara:

  • Klik kanan pada network Taskbar, lalu pilih troubleshoot problem.

  ji19

  • Akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

ji17

  • Pilih opsi yang sesuai dengan masalah anda.

 ji18

Untuk mengakses internet melalui wireless, pilihlah sinyal yang paling kuat. Setelah itu, klik connect.

 ji ji6

ji7

Anda bisa menikmati akses internet setelah muncul gambar dibawah.

 ji21

untuk lebih lengkapnya, lihat video dibawah :

 2.   TCP/IP

Modem-router atau umum disebut sebagai modem gateway yang dipakai biasanya juga berfungsi sebagai DHCP server yang memberikan konfigurasi IP address kepada komputer dalam jaringan. Misalkan pada komputer A ada masalah tidak bisa koneksi terhadap komputer B atau tidak bisa koneksi ke Internet.

 troubleshooting-koneksi-int

  • Gunakan “ipconfig /all”

Setelah itu pada command prompt ketik ipconfig, dan akan muncul konfigurasi IP address, subnet mask, dan gateway. Atau jika ingin melihat konfigurasi lebih lengkap gunakan parameter /all menjadi ipconfig /all dan tekan Enter, maka akan muncul konfigurasi lengkap seperti gambar dibawah ini dan kita bisa melihat konfigurasi DNS server yang dipakai (pada contoh terlihat DNS server dari Telkom).

 troubleshooting-ipconfig

Misalkan terjadi IP address duplikat dengan komputer lain yang ada pada jaringan maka pada subnet mask akan muncul: 0.0.0.0. kemungkinan terjadi IP duplikat jika anda tidak menggunakan DHCP server, dan IP address di setup manual ke komputer-2. Untuk memastikan bahwa konfigurasi TCP/IP pada komputer anda benar, maka gunakan ping loopback dengan mengetikkan di command promp ping 127.0.0.1 atau ping localhost, dan jika konfigurasi sudah benar maka akan muncul respon dengan “0% lost” seperti pada gambar berikut ini.

 troubleshooting-localhost

  • Troubleshooting Koneksi menggunakan Ping dan Pathping

Ping adalah utilitas untuk memeriksa koneksi level IP, sementara Pathping digunakan untuk mendeteksi kehilangan paket saat paket menjelajah dari hop ke hop (dari router ke router). Command Ping digunakan untuk mengirim permintaan echo ICMP (Internet Control Message Protocol) kepada host yang di target seperti pada contoh diatas.

  1. Untuk verifikasi konfigurasi TCP/IP gunakan ping 127.0.0.1 pada command prompt. Jika test ping gagal atau tidak ada response (100% lost) maka bisa jadi driver tidak benar, network adapternya rusak, atau terjadi interferensi IP dengan service lain.
  2. Untuk verifikasi IP address sudah benar ditambahkan ke komputer lakukan ping ke IP address local host pada command prompt
  3. Secara umum gunakan ping dengan IP address atau host name. jika ping dengan IP address sukses, bisa jadi ping ke hostname gagal dikarenakan masalah name resolution

Jika usaha ping gagal di setiap titik, periksa yang berikut

  • Pastikan bahwa IP address local komputer dan juga subnet mask sudah dikonfigure dengan benar
  • Default gateway juga dikonfigure dengan benar dan link antara local host dan gateway juga sudah dikonfigure dengan benar.

Jika ping ke remote host pada link yang lambat seperti sambungan link satellite, maka response akan memakan waktu agak lambat untuk merespon. Gunakan parameter –w untuk respon time-out yang agak lama misal 10000 msec gunakan “ping –w 10000 IP_Address”. Default time-out dari ping adalah 1000 msec (1 detik).

  • Troubleshooting dengan Tracert

Tracert adalah utility untuk tracing route yang bisa anda gunakan untuk tracking path sampai 30 hops router-to-router. tracert juga menggunakan ICMP echo request kepada suatu IP address, dengan menaikkan TTL (time to live) pada header IP dimulai dari 1, dan menganalisa error ICMP saat respon kembalian. Misal pada contoh berikut dilakukan tracert yahoo.com dari local komputer.

Jika ingin mendapatkan link yang sering tersendat-sendat gunakan pathping untuk melihat disisi router mana terjadinga delay / kehilangan paket yang sangat besar.

  • Troubleshooting menggunakan utility ARP

Jika anda bisa melakukan ping pada kedua IP address local anda dan juga loopback dengan sukses, akan tetapi anda tidak bisa ping ke suatu host pada subnet local, maka periksalah cache ARP (Address Resolution Protocol) barangkali ada kesalahan / error. Utility ARP ini sangat berguna untuk melihat cache daftar ARP, gunakan arp –a pada local host. Untuk membersihkan daftar arp, gunakan parameter –d, arp –d IP_address.

Untuk melihat address physical (MAC address) gunakan ipconfig /all ataugetmac. Jika anda tidak mendapatkan error pada command ARP –a dan anda juga tidak berhasil ping ke host pada subnet yang sama, maka anda bisa memeriksa pada media fisik seperti LAN card, Switch, dan atau cable jaringan.

untuk lebih lengkapnya, lihat video dibawah :

3.   Kabel RJ54

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui kabel jaringan masih bagus atau tidak adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan tester dan pastikan bahwa baterai yang ada di dalam tester masih bisa digunakan.
  2. Siapkan kabel jaringan yang akan kita test.
  3. Sambungkan ujung kabel jaringan pada tester lalu ujung yang satunya juga disambungkan ke tester.
  4. Setelah kedua ujung tersambung. Nyalakan tester dengan cara menekan tombol on pada tester.

Perhatihkan lampu-lampu yang ada pada tester. Lampu-lampu itu akan menyala secara bergiliran. Jika semua lampu menyala dengan bagus maka kabel jaringan masih bagus dan jika lampu ada yang tidak menyala maka kabel jaringan ada yang putus dan harus diganti.

  • Kabel Short

tidak hanya listrik yang bisa konslet. Jaringan juga bisa terjadi yang namanya konslet atau istilahnya kabel short. Kondisi ini menyatakan bahwa telah terjadi kabel yang hubung singkat dalam jaringan. Ini diakibatkan oleh pemasangan yang salah/tidak benar. Cara mengatasinya adalah periksa lagi susunan kabel dan perbaiki sesuai susunan yang benar.

  • Kabel Terbuka

Lapisan pelindung kabel terbuka atau terkupas. hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah terbakar, diemut tikus, terjepit, dll. Apabila tersentuh, kabel terbuka dapat menyebabkan kejutan listrik. Dan akan sangat berbahaya apabila terkena air. Cara mengatasinya adalah dengan melapisi bagian yang terbuka dengan lakban atau menggantinya dengan yang baru.

  • Konektor yang longgar

Kondisi ini terjadi pada koneksi antara kartu jaringan dengan konektor kabel. konektor longgar bisa seketika memutus koneksi. Penyebab longgarnya konektor dikarenakan usia konektor yang sudah tidak baru (baca: tua), atau sering di cabut-pasang secara berulang-ulang. Cara mengatasinya adalah mengganti konektor dengan yang baru.

  • Kabel Putus

Kondisi ini menyatakan bahwa telah terjadi putusnya kabel dalam jaringan yang menyebabkan kabel tidak dapat menghantarkan data. Hal ini disebabkan karena banyak faktor seperti terjepit, terlipat, digigit binatang, dll. Cara mengatasinya adalah dengan menyambung kabel yg putus dan melakbannya dengan rapih. atau bisa diganti dengan kabel yang baru.

untuk lebih lengkapnya, lihat video dibawah :

Semoga bermanfaat🙂

Sumber :

http://grevalbyzone.blogspot.com/2012/11/identifikasi-masalah-pada-jaringan.html

http://www.sysneta.com/troubleshooting-koneksi-internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s