Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Layar Monitor

Standard

Layar monitor yang digunakan dan dijual di pasaran sangat beraneka ragam. Mulai dari layar tabung sampai dengan TV plasma. Tingkat baik tidaknya bagi kesehatanpun berbeda tiap jenisnya. Tingkat baik tidaknya terhadap kesehatan dipengaruhi oleh tinggi rendahnya radiasi yang dikeluarkan. Tapi, apa yang disebut dengan radiasi ? radiasi seperti apa yang berbahaya ?
f4796b80e3a15a3808ef2db5d46b895e
Radiasi dapat diartikan sebagai energi yang dikeluarkan dalam bentuk partikel atau gelombang, gelombang radio, gelombang elektromagnetik, sinar X dan lain sebaginya termasuk radiasi. Radiasi macam apa yang dipancarkan oleh monitor ? Monitor mengeluarkan sinar X, sinar UV dan gelombang elektromagnetik. Jika, intensitasnya berlebihan ketiga sinar tersebut tidak baik untuk kesehatan, tidak terkecuali mata. Anda bisa baca artikel tentang bagaimana Radiasi Mengancam kesehatan Manusia.


Apa akibatnya jika saya berada di depan layar komputer dalam jangka waktu yang lama ? Akibatnya mata akan pedih. terutama setelah anda berada di depan layar menitor lebih dari 12 jam.

Dan sekarang kembali kepada pertanyaan bagaimana cara menjaga kesehatan mata dari radiasi layar monitor ? Jawabannya sebagai berikut,

  1. Menggunakan kacamata khusus, menggunakan kacamata yang dibuat khusus untuk orang yang sering bekerja di depan layar monitor.
  2. Menggunakan monitor yang radiasinya rendah, tiap jenis monitor punya tingkat radiasi yang berbeda-beda. Pancaran radiasi dari layar CRT cukup besar dan yang agak kecil LCD. Jadi, gunakan layar LCD saja. agar resiko radiasinya lebih kecil.
  3. Tidak melihat monitor terlalu lama, dalam satu hari, konsumsi kita terhadap layar monitor adalah kurang dari 12 jam. Mengapa ? karena kebanyak orang akan pedih matanya setelah 12 jam berada di depan layar monitor. Pedihnya mata bukan tanda yang baik untuk kesehatan mata. Jadi jangan terlalu lama di depan monitor, sitirahatkan badan dan mata anda sejenak.
  4. Gunakan metode 20-20-20-20, Apa yang disebut dengan metode 20-20-20-20 ? Metodi seperti ini adalah metode yang pernah dimuat di Daily Mail. Salah satu strategi untuk mengurangi dampak negatif penggunaan layar komputer. Bagaimana caranya ? Caranya mengedipkan mata 20 kali setiap 20 menit, Menjauhkan pandangan selama 20 detik dan arahkan pandangan kita kepada benda yang jaraknya 20 kaki. Jadi itu, bisa anda terapkan, terutama bagi saudara yang pekerjaannya di depan komputer.
  5. Sesuaikan kecerahan monitor, Ini juga perlu diperhatikan, anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar monitor anda, jangan terlalu cerah, juga jangan terlalu buram, yang sedang sedang saja.
  6. Berada pada jarak yang aman dengan monitor, Jarak yang cocok adalah sekitar 45-50 cm. Dengan mengatur jarak yang tidak terlalu dekat, maka kita sudah mengurangi dampak dari radiasi, monitor. Radiasi yang dikeluarkan akan semakin melamah seiring dengan bertambahnya jarak dengan sumber radiasinya.

Cara di atas dapat anda terapkan di mana saja untuk mengurangi dampak negatif melihat layar monitor bagi kesehatan mata.

Sumber :

http://sehat-setiapsaat.blogspot.com/2013/05/tips-menjaga-kesehatan-mata-layar-monitor.html

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s